cover
Contact Name
Nadzirin
Contact Email
jsepfpikuho@gmail.com
Phone
+6281342713802
Journal Mail Official
jsepfpikuho@gmail.com
Editorial Address
Fakultas Perikanan. Jalan HEA Mokodompit Kampus Baru UHO, Kendari Sulawesi Tenggara
Location
Kota kendari,
Sulawesi tenggara
INDONESIA
Jurnal Sosial Ekonomi Perikanan
Published by Universitas Halu Oleo
ISSN : -     EISSN : 2502664X     DOI : http://dx.doi.org/10.33772/jsep.v6i4
Jurnal Sosial Ekonomi Perikanan ini memuat hasil-hasil penelitian yang berkenaan dengan segala aspek bidang ilmu Sosial Ekonomi Perikanan. Sosial Ekonomi Perikanan (sistem agribisnis, analisis biaya-manfaat dan analisis efektivitas biaya, pemasaran hasil perikanan, strategi marketing mix, lembaga pemasaran, saluran pemasaran, efektifitas pemasaran dll). Ekonomi sumber daya dan lingkungan (sumber daya dan harga valuasi barang lingkungan, dan indikator kualitas lingkungan). Sosiologi perikanan (aspek sosial masyarakat perikanan pesisir). Kebijakan pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya perikanan dan lingkungannya (evaluasi dan pengembangan instrumen kebijakan lingkungan, analisis dampak kebijakan lingkungan sektoral, pemodelan dan simulasi, pengaturan kelembagaan, dan proses perumusan kebijakan dan aplikasi)
Articles 17 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 3 (2016): Jurnal Sosial Ekonomi Perikanan" : 17 Documents clear
Analisis Kegagalan Pasar Komoditi Ikan di Pasar Antar Pulau (Studi Kasus : di PT. Kelola Mina Laut Unit Kendari) Aminah, Siti; La Ola, La Onu; Lawelle, Sjamsu Alam
Jurnal Sosial Ekonomi Perikanan Vol 1, No 3 (2016): Jurnal Sosial Ekonomi Perikanan
Publisher : UNIVERSITAS HALU OLEO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (22.355 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengkaji besaran kegagalan pasar komoditi gurita menurut ukuran setiap kali pengiriman di pasar antar pulau (Gresik). Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara secara langsung dengan responden menggunakan kuisioner. Teknik penentuan responden menggunakan metode purposive sampling, responden dalam penelitian ini adalah bagian Production, PPIC & QA Manajer. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif-kualitatif. Berdasarkan hasil analisis besaran kegagalan pasar komoditi gurita berdasarkan ukuran setiap kali pengiriman yaitu terjadi karena faktor musim yang menyebabkan pihak perusahaan tidak bisa memenuhi permintaan karena musim paceklik (stok sedikit) dan melebihi jumlah permintaan pada musim puncak (stok banyak). Kata Kunci: Gurita, kegagalan pasar, pasar antar pulau
Efisiensi Usaha Pengolahan Ikan Asin di Desa Lentea Kecamatan Kaledupa Selatan Kabupaten Wakatobi Hawiani, .; Budiyanto, .; Siang, Roslindah Daeng
Jurnal Sosial Ekonomi Perikanan Vol 1, No 3 (2016): Jurnal Sosial Ekonomi Perikanan
Publisher : UNIVERSITAS HALU OLEO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (22.355 KB)

Abstract

Usaha pengolahan ikan asin memiliki tujuan memaksimumkan keuntungan yang berkaitan erat dengan efisiensi dalam berproduksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi produksi dan efisiensi penggunaan input produksi pada usaha pengolahan ikan asin. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Lentea Kecamatan Kaledupa Selatan Kabupaten Wakatobi dimana data yang diambil yaitu bahan baku ikan segar, garam dan tenaga kerja. Responden sebanyak 30 pelaku usaha pengolahan ikan asin ditentukan dengan metode sensus.  Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis regresi non linear berganda dan efisiensi alokatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan baku ikan segar berpengaruh nyata positif terhadap hasil produksi pengolahan ikan asin. Selain itu, garam dan tenaga kerja juga berpengaruh nyata tetapi bersifat negatif terhadap hasil produksi ikan asin. Berdasarkan nilai efisiensi, diketahui bahwa bahan baku ikan segar belum efisien sehingga untuk menghasilkan sejumlah output ikan asin maka input bahan baku ikan segar perlu dilakukan penambahan input tersebut, sedangkan garam dan tenaga kerja tidak efisien, sehingga untuk menghasilkan jumlah output yang sama perlu mengurangi input  garam dan tenaga kerja.Kata Kunci : Efisiensi, ikan asin, input produksi
Hubungan Antara Motivasi Konsumen, Persepsi Harga dan Tempat Terhadap Keputusan Membeli Ikan Laut di Rumah Makan Kota Kendari Landugara, Andrani; Yusuf, Sarini; Siang, Roslindah Daeng
Jurnal Sosial Ekonomi Perikanan Vol 1, No 3 (2016): Jurnal Sosial Ekonomi Perikanan
Publisher : UNIVERSITAS HALU OLEO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (22.355 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik konsumen dan bagaimana hubungan antara motivasi konsumen, persepsi harga dan tempat terhadap keputusan membeli ikan laut di rumah makan Kota Kendari. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara secara langsung dengan responden menggunakan kuisioner. Teknik penarikan sampel menggunakan  proportionate stratified random sampling, dengan jumlah 33 orang responden. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskripsi dan analisis koefisien korelasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa motivasi konsumen, persepsi harga dan tempat berhubungan erat terhadap keputusan membeli ikan laut di rumah makan Kota Kendari.Kata Kunci: Keputusan membeli, motivasi konsumen, persepsi harga, tempat
Analisis Pendapatan Usaha Pole and Line di Pelabuhan Perikanan Samudera dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya Mimiatin, .; Anadi, La; Mansyur, Akhmad
Jurnal Sosial Ekonomi Perikanan Vol 1, No 3 (2016): Jurnal Sosial Ekonomi Perikanan
Publisher : UNIVERSITAS HALU OLEO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (22.355 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pendapatan usaha perikanan pole and line yang terletak di Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Kendari, dan menentukan faktor-faktor produksi yang mempengaruhi pendapatan usaha perikanan pole and line. Pengumpulan data yang dilakukan secara langsung dengan responden menggunakan kuisioner. Data dianalisis menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam semua parameter berpengaruh dari nilai signifikansi biaya operasional  Rp11, 37, sedangkan pengaruh produksi hasil tangkapan, lama hari melaut, jumlah ABK yaitu masing-masing 14.809 (ton/kg), 15,82 (hari),  dan 7,81 (orang) (p < 0,05). Sedangkan ukuran kapal dan jumlah umpan belum secara signifikan mempengaruhi pendapatan.Kata Kunci: Perikanan pole and line, pendapatan usaha, penangkapan
Kentungan Penjual Ikan yang Menggunakan Kendaraan dan Pejalan Kaki di Kota Kendari Andriani, Fidar; Budiyanto, .; Siang, Roslindah Daeng
Jurnal Sosial Ekonomi Perikanan Vol 1, No 3 (2016): Jurnal Sosial Ekonomi Perikanan
Publisher : UNIVERSITAS HALU OLEO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (22.355 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis keuntungan penjual ikan yang menggunakan kendaraan dan pejalan kaki di Kota Kendari. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara secara langsung dengan responden menggunakan kuisioner. Teknik penarikan sampel menggunakan metode accidental sampling, dengan jumlah 33 sampel yaitu penjual ikan yang menggunakan kendaraan dan pejalan kaki di Kota Kendari. Dimana terdiri dari 20 penjual ikan yang menggunakan kendaraan dan 13 penjual ikan pejalan kaki. Alat analisis yang digunakan adalah analisis keuntungan dan pengujian hipotesis dua mean. Berdasarkan hasil penelitian pada usaha penjual ikan diperoleh nilai rata-rata biaya pemasaran pada penjual ikan yang menggunakan kendaraan Rp.13.009.478 dan pejalan kaki yaitu sebesar Rp6.823.808. Sedangkan rata-rata pendapatan penjual ikan yang menggunakan kendaraan Rp12.925.522 dan pejalan kaki yaitu sebesar Rp6.987.731. Kata Kunci: Kendari, keuntungan, penjual ikan
Efisiensi Faktor Produksi Pada Budidaya Tambak Udang Vanname di Desa Oensuli Kecamatan Kabangka Kabupaten Muna Angke, Wa Ode; Budiyanto, .; Azis, Nurdiana
Jurnal Sosial Ekonomi Perikanan Vol 1, No 3 (2016): Jurnal Sosial Ekonomi Perikanan
Publisher : UNIVERSITAS HALU OLEO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (22.355 KB)

Abstract

Desa Oensuli Kecamatan Kabangka Kabupaten Muna memiliki potensi sumber daya perikanan khususnya budidaya tambak udang. Hingga saat ini, di Desa Oensuli belum ada informasi tentang efisiensi dalam usaha budidaya tambak udang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh input terhadap produksi pada tambak udang, dan mengetahui efisiensi penggunaan input produksi dalam proses produksi tambak udang. Sampel sebanyak 35 pelaku usaha budidaya udang yang ditentukan dengan metode simple random sampling. Data dianalisis dengan regresi linear berganda dan efisiensi harga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada usaha budidaya udang di Desa Oensuli, benur, pakan, dan tenaga kerja berpengaruh nyata bersifat positif terhadap hasil produksi, kapur  juga berpengaruh nyata terhadap hasil produksi tetapi  bersifat negatif.  Sedangkan obat-obatan berpengaruh tidak nyata terhadap hasil produksi. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu usaha budidaya udang di Desa Oensuli, benur dan pakan belum efisien sehingga perlu penambahan input,  sedangkan kapur dan tenaga kerja tidak efisien dalam produksi udang, sehingga perlu mengurangi penggunaan input tersebut.Kata Kunci : Budidaya, Desa Oensuli, efisiensi, faktor, produksi, vanname
Pengaruh Pendapatan Konsumen Terhadap Konsumsi Ikan Baronang (Siganus canaliculatus) di Kelurahan Kambu Kota Kendari Asriani, .; Budiyanto, .; Azis, Nurdiana
Jurnal Sosial Ekonomi Perikanan Vol 1, No 3 (2016): Jurnal Sosial Ekonomi Perikanan
Publisher : UNIVERSITAS HALU OLEO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (22.355 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proporsi pendapatan konsumen yang dialokasikan untuk mengkonsumsi ikan baronang serta mengetahui seberapa besar pengaruh konsumen ikan baronang yang diakibatkan oleh pendapatan di Kelurahan Kambu Kota Kendari. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara secara langsung dengan responden menggunakan kueisioner. Teknik penarikan sampel menggunakan metode simple random sampling dengan jumlah 38 responden. Alat analisis dalam penelitian ini yaitu analisis linear sederhana dimana konsumsi (C) dan pendapatan (X). berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pendapatan konsumen berpengaruh nyata terhadap konsumsi ikan baronang. Semakin tinggi pendapatan konsumen maka konsumsi terhadap ikan baronang semakin meningkat.Kata Kunci: Ikan baronang, konsumsi, pendapatan
Analisis Keuntungan dan Strategi Pengembangan Usaha Lobster (Panulirus spp.) Pada CV. Sea Queen Kota Kendari Hardi, Soelaiman; Budiyanto, .; Siang, Roslindah Daeng
Jurnal Sosial Ekonomi Perikanan Vol 1, No 3 (2016): Jurnal Sosial Ekonomi Perikanan
Publisher : UNIVERSITAS HALU OLEO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (22.355 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui struktur biaya, tingkat pendapatan dan strategi pengembangan pada usaha perdagangan lobster laut di CV. Sea Queen Kota Kendari. Lokasi penelitian ditentukan secara purposif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi, yang bersumber dari pemilik usaha (1 orang) dan karyawan (6 orang). Hasil penelitian menunjukkan bahwa struktur biaya usaha terdiri dari, investasi  usaha sebesar Rp1.357.721.000, biaya tetap sebesar Rp192.406.548/tahun dan biaya variabel sebesar Rp1.637.932.600/tahun, sehingga total biaya  sebesar Rp1.830.339.148/tahun. Pendapatan kotor (penerimaan) sebesar Rp2.100.000.000/tahun dan pendapatan bersih (keuntungan) Rp269.660.852/tahun.  Dalam pengembangan usaha perusahaan terdapat 8 strategi yaitu memanfaatkan teknologi yang semakin pesat, menambah modal usaha, meningkatkan kapasitas produk, meningkatkan promosi, perekrutan tenaga kerja, meningkatkan volume produksi lobster, melakukan strategi stok bahan baku, dan meningkatkan seluruh sumber daya yang dimiliki usaha lobster.Kata Kunci : Keuntungan, lobster laut, struktur biaya, strategi
MARGIN PEMASARAN IKAN CAKALANG (Katsuwonus pelamis) DI TEMPAT PENDARATAN IKAN SODOHOA KOTA KENDARI PROVINSI SULAWESI TENGGARA Almaini, Wa Ode; Budiyanto, .; Mansyur, Akhmad
Jurnal Sosial Ekonomi Perikanan Vol 1, No 3 (2016): Jurnal Sosial Ekonomi Perikanan
Publisher : UNIVERSITAS HALU OLEO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (484.841 KB) | DOI: 10.33772/jsep.v1i3.6850

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari (1) Saluran pemasaran ikan cakalang (K. pelamis) di Tempat Pendaratan Ikan (TPI) Sodohoa Kota Kendari, (2) Menganalisis besarnya margin pemasaran, dan(3) Mengetahui efisiensi pemasaran ikan cakalang (K. pelamis).Penelitian ini menggunakan teknik survey atau wawancara berupa daftar pertanyaan berbentuk kuisioner.Penentuan sampel untuk nelayan Ikan cakalang (K. pelamis) menggunakan teknik accidental sampling, sedangkan penentuan sampel untuk pedagang yakni menggunakan snowball sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa saluran pemasaran ikan cakalang ada dua saluran pemasaran yaitu 1).Nelayan/produsen menjual kepada Pedagang pengumpul, selanjutnya dijual kepada pedagang pengecer dan kemudian disalurkan kepada konsumen dan 2).Nelayan/produsen langsung menjual kepada pedagang pengecer dan kemudian disalurkan kepada konsumen.Semakin panjang rantai pemasaran maka semakin tinggi biaya yang dikeluarkan dan semakin kecil keuntungan yang diperoleh para pelaku usaha pemasaran ikan cakalang.Margin pemasaran pada saluran pemasaran II lebih besar daripada saluran pemasaran I, semakin panjang saluran pemasaran maka semakin besar margin pemasaran. Kata kunci: Ikan cakalang,margin pemasaran, TPI
KEUNTUNGAN PENJUAL IKAN YANG MENGGUNAKAN KENDARAAN DAN PEJALAN KAKI DI KOTA KENDARI Andriani, Fidar; Budiyanto, .; Siang, Roslindah Daeng
Jurnal Sosial Ekonomi Perikanan Vol 1, No 3 (2016): Jurnal Sosial Ekonomi Perikanan
Publisher : UNIVERSITAS HALU OLEO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (426.403 KB) | DOI: 10.33772/jsep.v1i3.6869

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis keuntungan penjual ikan yang menggunakan kendaraan dan pejalan kaki di Kota Kendari. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara secara langsung dengan responden menggunakan kuisioner. Teknik penarikan sampel menggunakan metode accidental sampling, dengan jumlah 33 sampel yaitu penjual ikan yang menggunakan kendaraan dan pejalan kaki di Kota Kendari. Dimana terdiri dari 20 penjual ikan yang menggunakan kendaraan dan 13 penjual ikan pejalan kaki. Alat analisis yang digunakan adalah analisis keuntungan dan pengujian hipotesis dua mean. Berdasarkan hasil penelitian pada usaha penjual ikan diperoleh nilai rata-rata biaya pemasaran pada penjual ikan yang menggunakan kendaraan Rp.13.009.478 dan pejalan kaki yaitu sebesar Rp6.823.808. Sedangkan rata-rata pendapatan penjual ikan yang menggunakan kendaraan Rp12.925.522 dan pejalan kaki yaitu sebesar Rp6.987.731.Kata Kunci: Kendari, keuntungan, penjual ikan

Page 1 of 2 | Total Record : 17


Filter by Year

2016 2016


Filter By Issues
All Issue Vol 7, No 4: NOVEMBER 2022: JURNAL SOSIAL EKONOMI PERIKANAN Vol 7, No 3: AGUSTUS 2022: JURNAL SOSIAL EKONOMI PERIKANAN Vol 7, No 2: MEI 2022 : JURNAL SOSIAL EKONOMI PERIKANAN Vol 7, No 1: FEBRUARI 2022 : JURNAL SOSIAL EKONOMI PERIKANAN Vol 6, No 4 (2021): JURNAL SOSIAL EKONOMI PERIKANAN Vol 6, No 3 (2021): JURNAL SOSIAL EKONOMI PERIKANAN Vol 6, No 2 (2021): JURNAL SOSIAL EKONOMI PERIKANAN Vol 6, No 1 (2021): JURNAL SOSIAL EKONOMI PERIKANAN Vol 5, No 4 (2020): JURNAL SOSIAL EKONOMI PERIKANAN Vol 5, No 3 (2020): JURNAL SOSIAL EKONOMI PERIKANAN Vol 5, No 2 (2020): JURNAL SOSIAL EKONOMI PERIKANAN Vol 5, No 1 (2020): JURNAL SOSIAL EKONOMI PERIKANAN Vol 4, No 4 (2019): JURNAL SOSIAL EKONOMI PERIKANAN Vol 4, No 3 (2019): Jurnal Sosial Ekonomi Perikanan Vol 4, No 2 (2019): Jurnal Sosial Ekonomi Perikanan Vol 4, No 1 (2019): Jurnal Sosial Ekonomi Perikanan Vol 3, No 4 (2018): Jurnal Sosial Ekonomi Perikanan Vol 3, No 3 (2018): Jurnal Sosial Ekonomi Perikanan Vol 3, No 2 (2018): Jurnal Sosial Ekonomi Perikanan Vol 3, No 1 (2018): Jurnal Sosial Ekonomi Perikanan Vol 2, No 4 (2017): Jurnal Sosial Ekonomi Perikanan Vol 2, No 3 (2017): Jurnal Sosial Ekonomi Perikanan Vol 2, No 3 (2017): Jurnal Sosial Ekonomi Perikanan Vol 2, No 2 (2017): Jurnal Sosial Ekonomi Perikanan Vol 2, No 2 (2017): Jurnal Sosial Ekonomi Perikanan Vol 2, No 1 (2017): Jurnal Sosial Ekonomi Perikanan Vol 2, No 1 (2017): Jurnal Sosial Ekonomi Perikanan Vol 1, No 3 (2016): Jurnal Sosial Ekonomi Perikanan Vol 1, No 3 (2016): Jurnal Sosial Ekonomi Perikanan Vol 1, No 2 (2016): Jurnal Sosial Ekonomi Perikanan Vol 1, No 2 (2016): Jurnal Sosial Ekonomi Perikanan Vol 1, No 1 (2016): Jurnal Sosial Ekonomi Perikanan Vol 1, No 1 (2016): Jurnal Sosial Ekonomi Perikanan More Issue